Saturday, April 19, 2014

Simbol Simbol Pada Toolbox

   Toolbar, pasti kita semua pernah menggunakannya ketika mengerjakan sebuah dokumen. Didalam toolbar terdapat berbagai macam simbol simbol yang mewakili fungsinya. Lalu kenapa setiap tool memiliki simbol yang berbeda satu sama lain, apa yang mendasari sebuah gambar menjadi simbol suatu tools? 
Sebagai contoh kita akan bahas beberapa tool dan simbol pada Microsoft Office word2013 berikut.


Toolbar pada Word 2013

   Mungkin kita sebagai pengguna bernah memikirkan kenapa simbol gunting untuk tool cut, dua lembar kertas untuk copy, atau clipboard dan selembar kertas sebagai simbol paste. Dibalik penggunaan simbol tersebut ada arti yang sesuai dengan fungsi dari tool tersebut. 
   Seperti simbol untuk copy yang dalam arti bahasa Indonesia yaitu salin. Kenapa harus dua lembar kertas, seperti tujuannya yaitu salin atau menggandakan, berarti simbol dua kertas tersebut memiliki arti menggandakan satu kertas atau file menjadi dua dengan komposisi yang sama.
   Sedangkan pada simbol cut, atau potong dalam bahasa Indonesia. dugunakan gambar gunting sebagai simbolnya. hal itu dikarenakan ketika kita menggunakan fitur cut kita akan mengambil file atau data yang kita pilih lalu kita pindahkan bukan menyalin. seperti kita memotong satu bagian kertas dari selembar kertas untuk kita tempelkan di tempat lain.
   Lalu pada simbol paste digunakan gambar papan clipboard dan selembar kertas. karena paste memiliki arti menempelkan dalam bahasa Indonesia. sehingga simbol tersebut memiliki arti menempelkan sesuatu yang telah disalin atau dipotong sebelumnya untuk di tempelkan di tempat tujuan.
selain itu masih banyak simbol simbol lain yang melambangkan kegunaan tools nya masing masing seperti untuk mengganti warna huruf, ukuran huruf, membuat huruf tebal, miring serta huruf bergaris bawah dan lain lain.