Thursday, June 19, 2014

Pengertian dan Prinsip Usability


Usability merukana bahasa inggris yang berarti kebergunaan, dimana istilah tersebut berarti kemudahan seseorang untuk menggunakan sebuah benda yang diciptakan oleh orang lain dengan tujuan tertentu. Menurut artikel
di wikipedia:
"Ide utama kebergunaan adalah sebuah objek yang didesain sesuai harapan dari sisi psikologi dan fisologi pengguna pada umumnya".  

Sebagai contoh sebuah perusahaan ingin membuat sebuah produk baru, agar produk tersebut laku dipasaran maka dilakukanlah survey apa yang diinginkan oleh masyarakat luas. dari hasil survey itu dapat diketahui spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti apa. 
sedangkan Menurut ISO 9241-11 :
"kebergunaan bisa diartikan sebagai “seberapa jauh suatu produk bisa digunakan oleh pengguna yang dimaksudkan demi mencapai tujuan diharapkan dengan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan dalam konteks penggunaan yang diharapkan".
Dapat disimpulkan bahwa usability merupakan cara terbaik yang dilakukan produsen dalam membuat sebuah produk yang dapat digunakan semaksimal mungkin fungsi dilamanya oleh pengguna untuk mencapai tujuannya.