Sunday, November 2, 2014

Fenomena Bahasa Indonesia

     Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan di negara Republik Indonesia. Namun beberapa belakangan ini kecintaan kepada bahasa Indonesia dapat dibilang berkurang. Pada kalangan remaja atau pemuda, banyak dari mereka lebih merasa bangga jika menggunakan bahasa asing.
     Mempelajari bahasa asing sebenarnya tidak masalah. Karena dengan menguasai bahasa asing kita dapat mengikuti
arus perkembangan dari dunia luar. Namun masalah terjadi jika kita sudah berlebihan dalam menggunakan bahasa asing tersebut. Terlebih sampai kita melupakan bahasa Indonesia.
    Memang banyak kata kata dalam bahasa asing yang jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia terdengar tidak enak. Apalagi dalam instilah dunia informasi dan teknologi. Namun, hal ini terjadi karena kurangnya kita menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari hari. Selaian itu, negara kita punya berbagai macam bahasa daerah yang harus kita lestarikan karena keunikannya.
      Sayangnya tidak sedikit para pemuda penerus bangsa ini yang sudah merasa asing dengan bahasa daerah dari negeri kita ini. Terutama untuk yang tinggal di kota kota besar. Penulis sendiri tinggal di Jawa Barat, namun sudah sudah sulit untuk mengenal bahasa dari daerah ini. Itulah fenomena yang belakangan terjadi untuk penggunaan bahasa Indonesia.