Monday, October 1, 2012

Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Kesempatan Kerja dan Solusinya di Indonesia


Pekerjaan yang dapat diartikan sebagai suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan seseorang dimana akan menghasilkan uang. Dimana hal itu merupakan sebuah kebutuhan untuk setiap orang yang sudah memasuki usia produktif untuk membiayai kehidupannya. Cara untuk mendapatkan pekerjaan yang paling sering digunakan oleh banyak orang adalah menjadi karyawan dari sebuah perusahaan. Pekerjaan tersebut diperoleh melalui info lowongan kerja.
Pada masa sekarang, lowongan pekerjaan sudah tidak seimbang antara pelamar dengan lowongan pekerjaan yang tersedia, sehingga menyebabkan terjadinya pengangguran. Banyak
hal yang menyebabkan terjadinya pengangguran atau ketidak seimbangan ini disebabkan banyak faktor,  Berikut diantaranya:
1.       Jumlah Pelamar Dengan Lowongan Pekerjaan Tidak Seimbang
Meledaknya jumlah penduduk di Indonesia tidak dibarengi dengan berkembangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyaknya para lulusan muda yang menganggur menunggu pekerjaan. Sehingga jumlah pengangguran pun bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

2.       Keterampilan Pelamar Tidak Sesuai Kriteria
Sebuah perusahaan yang mempunyai lowongan pekerjaanakan membutuhkan pegawai yang sesuai dengan kriteria keterampilan sesuai dengan posisi yang akan di tempati oleh calon pegawai. Namun hal itu menjadi kendala ketika sebuah perusahaan membutuhkan beberapa pegawai dengan keterampilan yang tinggi. Sehingga hanya sedikit pelamar yang memiliki kesempatan. Hal ini disebabkan karena jarangnya pelamar yang memiliki banyak keterampilan untuk mendukung posisinya di suatu perusahaan.

3.       Kemajuan teknologi
Berkembangnya teknologi patut kita banggakan karena dengan teknologi yang semakin maju, pekerjaan manusia akan semakin mudah. Tetapi, selain memiliki efek positif terhadap pekerjaan manusia. Berkembangnya teknologi juga membuat banyak perusahaan yang hanya membutuhkan sedikit pekerja karena posisinya sudah tergantikan dengan kehadiran terknologi terbaru seperti robot. Alsan perusahaan menggunakan robot daripada manusia karena biayanya lebih murah dengan hasil pekerjaan yang cepat dan akurat. Sehingga banyak perusahaan yang berbondong bondong menggunakan robot dariapada tenaga manusia.
Semakin berkurangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyaknya pengangguran di Indonesia akan menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial. Dimana hal itu akan timbulnya tindak kejahatan karena alasan tuntutan ekonomi. Pemerintah sebagai lembaga yang berwenang memiliki kewajiban membantu masyarakatnya untuk memperoleh pekerjaan dan meningkatkan taraf hidupnya .

Banyak  solusi yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan lapangan pekerjaan. Seperti dengan mengatur undang undang tentang ketenaga kerjaan. Dimana hal itu akan menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Selain itu terdapat  beberapa solusi lain, yaitu :
1.       Memperbanyak Wirausaha
Semakin banyaknya pelamar pekerjaan namun pertumbuhan lapangan pekerjaan yang sedikit, menyebabkan ketidakseimbangan antara SDM yang tersedia dengan jumlah lapangan pekerjaan. Hal ini sebetulnya dapat diatasi dengan memperbanyak wirausaha. Dengan berwirausaha, selain mengurangi jumlah penganguran, hal ini dapat juga membuka lapangan pekerjaan baru. Namun kendala terbesar dalam beriwausaha adalah kurangnya modal untuk mendirikan usaha. Namun hal itu sudah bisa diatasi melalui program pemerintah untuk UKM.

2.       Memperbaiki kualitas sdm yang tersedia
Banyaknya SDM yang tersedia di Indonesia, tidak menjamin SDM tersebut memliki kualitas atau keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Hal ini turut ambil bagian dalam mempersempitnya lapangan pekerjaan, yang menyebabkan bertambahnya pengangguran. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya para SDM yang ada dibekali dengan keterampilan tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Hal itu bisa di mulai dari pemberian pelatihan pelatihan yang dilakukan oleh pihak berwenang. Atau melakukan sertifikasi terhadap SDM yang unggul.

3.       Membuat peraturan tentang ketenagakerjaan
Bebasnya pemilik perusahaan untuk menerapkan peraturan di perusahaannya merupakan salah satu penyebab semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Diperlukan ketegasan pemerintah melalui peraturan yang dibuatnya untuk mengatur ketenaga kerjaan di Indonesia. Hal ini harus dilakukan agar perusahaan ridak semena mena menerapkan peraturan. Jika langkah pemerintah tepat sasaran, bukan tidak mungkin lapangan pekerjaan akan semakin banyak, dan mengurangi pengangguran di Indonesia.

Solusi solusi diatas dapat bermanfaat jika semua pihak saling bekerja sama, seperti pemerintah, pemilik perusahaan, dan instansi yang terkait lainnya. Selain itu kemauan dan kerja keras SDM di Indonesia juga merupakan suatu keharusan. Dengan SDM yang kreatif akan membuka banyak lapangan pekerjaan, dan akan meningkatan taraf hidup masyarakat.

Nama    :Maulana Yusuf
NPM      :24112487
Kelas     :1KB07
Ilmu Sosial Dasar