Thursday, November 1, 2012

Fungsi Keluarga


Keluarga merupakan suatu kelompok terkecil dalam masyarakat, dan sering dikenal dengan sebutan primary group.  Dari kelompok inilah terbentuk individu dengan berbagai macam kepribadian didalam masyarakat. Pada saat ini, keluarga sudah mulai kehilangan peranannya untuk membentuk suatu individu yang baik di masyarakat. Keluarga terdiri dari suami, istri, dan anak anak. Dimana anak anak inilah yang merupakan individu yang membutuhkan fungsi keluarga, yaitu ayah dan ibu. 

Keluarga sangat berpengaruh dalam perkembangan individu anggotanya,
terutama anak anaknya. Mengingat sudah mulai hilangnya peran keluarga dalam membentuk sifat individu anggotanya, maka sudah seharusnya kita mengembalikan kembali fungsi  keluarga dalam membentuk individu anggotanya. Berikut beberapa fungsi keluarga secara umum:
a.       Fungsi Biologis
b.      Fungsi Pemeliharaan
c.       Fungsi Ekonomi
d.      Fungsi Keagamaan
e.      Fungsi Sosial


Sedangkan menurut buku karangan Drs. Soewaryo Wansanegara, fungsi fungsi keluarga meliputi hal berikut:

a.       Pembentukan Kepribadian
b.      Alat reproduksi kepribadian kepribadian yang berakar dari etika, estetika, moral keagamaan, dan kebudayaan yang berkolerasi fungsional dengan sebuah struktur masyarakat tertentu.
c.       Keluarga merupakan eksponen dari kebudayaan masyarakat, karena menempati posisi kunci.

Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam kehidupan bermasyarakat, karena disinilah awal dari terciptanya berbagai karakter yang di mulai dari pendidikan saat anak anak. Maka dari itu pendidikan dalam keluarga sangatlah penting karena akan mempengaruhi masa depan dari anggtoanya tersebut.






Harwantiyoko, Neltje F. Katuuk, (1996). MKDU Ilmu Sosial Dasar, Depok : Gunadarma.


Maulana Yusuf
NPM: 24112487
Ilmu Sosial Dasar