Tuesday, November 20, 2012

Sistem Kasta


Sistem kasta merupakan bentuk stratifikasi sosial yang digunakan untuk membentuk pengelompokan masyarakat. Stratifikasi sosial menurut ilmu sosiologi adalah pengelompokan masyarakat berdasarkan tingkatan tingkatan tertentu. Kriteria umum  penentuan seseorang dalam stratifikasi sosial adalah sebagai berikut:


a.       Kekayaan dalam berbagai bentuk yang diketahui oleh masyarakat diukur dalam kuantitas atau di nyatakan secara kualitatif.
b.      Daya guna fungsional perorangan dalam hal pekerjaan.
c.       Keturunan yang menunjukan reputasi keluarga, lamanya tinggal atau berdiam di suatu tempat, latar belakang rasial atau etnis, dan kebangsaan.
d.      Agama yang menunjukan tingkat kesalehan seseorang dalam menjalankan ajaran agamanya.
e.      Ciri ciri biologis, termasuk umur dan gender.

Menurut Mac Iver dalam bukunya yang berjudul “the web of government” menyebutkan terdapat tiga pola umum sistem lapisan kekuasaan atau piramida kekuasaan,  yaitu tipe kasta, oligarkis, dan demokratis. Berikut dalah penjelasan dari masing masing sistem tersebut :

a.       Tipe Kasta
Tipe ini merupakan sistem stratifikasi dengan garis pemisah yang tegas dan kaku. Garis pemisah antara masing masing lapisan dalam sistem ini hampir tidak mungkin di tembus.

b.      Tipe Oligarkis
Tipe ini memiliki garis pemisah yang tegas, tetapi dasar pembedaan kelas-kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyarakat tersebut. Tipe ini hampir sama dengan tipe kasta, namun individu masih diberi kesempatan untuk naik lapisan. Di setiap lapisan juga dapat dijumpai lapisan yang lebih khusus lagi, sedangkan perbedaan antara satu lapisan dengan dengan lapisan lainnya tidak begitu mencolok.

c.       Tipe Demokratis
Tipe ini menunjukkan adanya garis pemisah antara lapisan yang sifatnya mobil (bergerak) sekali. Dalam hal ini kelahiran tidak menentukan kedudukan seseorang, melainkan yang terpenting adalah kemampuannya dan kadang-kadang faktor keberuntungan.

Setelah melihat pembahasan diatas, kita dapat mempelajari sistem stratifikasi yang ada di Indonesia, terutama di Bali. Dimana stratifikasi sosial di Bali menggunakan sistem Kasta, namun sistem kastanya tidak serumit sistem kasta di India. Dimana sistem kasta di Bali hanya terdiri dari empat lapisan. Yaitu :
a.       Sudra,  kasta ini terdiri dari para petani, dan berjumlah sekitar 90% dari populsi di Bali.
b.      Wesias, kasta ini tediri dari pedagang, dan pegawai pemerintahan.
c.       Satria, kasta ini merupakan kasta prajurit, dimana tediri dari para bangsawan, dan raja.
d.      Brahmana,  kasta ini terdiri dari para pendeta.



 sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_kasta_Bali
              http://ssbelajar.blogspot.com/2012/03/stratifikasi-sosial.html
Maulana Yusuf
NPM: 24112487
Ilmu Sosial Dasar